Advertisements

Kembali Lagi . . . Membangun Passion

IMG_20140305_091555

Halo Indonesia, sekitar 45 hari yang lalu saya masih menulis disini, dengan semangat tinggi didukung ide yang bertebaran di pikiran. Keesokan harinya jaringan internet lemot, bisa dibilang parah, membuat mood menulis hilang. Pola serupa saya alami keesokan hari, lusa, sampai dapat dibilang vakum untuk waktu yang lama. Entah kenapa passion untuk ngeblog bisa hilang begitu saja. Akibat dari blog yang lama tak dicorat-coreti ini , saya kehilangan banyak kesempatan untuk mengeksplor isu dan berita yang tengah hangat di media saat ini. Selain itu bisa dibilang banyak foto yang saya ambil selama masa kevakuman menjadi kurang greget karena biasanya langsung saya share di blog. 

Kehilangan momentum? Tentu saja , sangat banyak momentum yang menguap. Disini saya meminta maaf kepada pembaca yang mungkin selalu memerhatikan blog saya. Suka dengan gaya tulisan saya, atau suka dengan yang punya blog (ciyee) , gak masalah, saya cuma minta maaf sebesar-besarnya akibat hilangnya mood yang mengakibatkan ‘sindrom malas blogging’ berkepanjangan ini.

Ada beberapa hal menarik yang saya tangkap ketika blog ini mulai ditumbuhi sarang laba-laba. Pertama, saya menjadi tahu sejauh mana penopang blog ini, yakni page view (PV) setiap harinya yang ternyata dalam kondisi konsisten. Dalam artian jumlah pengunjung per harinya rata-rata dikisaran angka yang sama. Saya makin tahu seberapa berharganya yang saya tulis, yang orang lain ingin tahu, atau bahkan sangat membutuhkannya. Hal itu menjadi semacam pematik mood saya untuk terbakar dan mulai menulis lagi. Selain itu, hasil wordads yang otomatis berkurang membuat saya mengumpulkan mood lagi. Tapi untuk yang ini saya gak sebegitu maniak banget, tetap syukuri apa yang sudah ada.

Pemicu lain saya mulai menulis lagi yakni faktor eksternal. Dari rekan-rekan blogger sendiri. Mereka tak kenal lelah dalam menyajikan karya tulis yang bisa dinikmati banyak orang, terlepas dari tujuan ingin dapat hits tinggi sehingga wordads bisa melejit, atau murni ingin sharing. Sepertinya memang dua hal itu tidak bisa dilepaskan. Siapa sih yang gak pengen hits blognya naik.

Tapi ingat, anda akan tahu page view sebenarnya dari blog anda jika blog tersebut lama vakum. Disitu akan kelihatan bagaimana blog anda apa adanya, tanpa artikel dengan judul fenomenal, tanpa artikel momentum, dan tanpa artikel menjebak (isi tak sesuai yang diharapkan). Ini menurut saya aja sih. #NoMention #Serius . Geregetan sih ngelihat blogger-blogger lain tulisannya keren-keren. Saya melihat sebagian besar blog ibaratnya stasiun tv nasional. Ada sekumpulan stasiun tv dimana punya acara yang isinya gitu-gitu aja, suka ikut arus, kurang inovasi, hanya mementingkan keuntungan tanpa memperhatikan kualitas konten penyiaran. Disisi lain, ada beberapa stasiun tv yang punya sajian tayangan menarik dimana konsep dan kreatifitasnya saya acungi jempol. Meski stasiun tv tersebut masih seumuran jagung.

tower, bts, lost singnal

Lemahnya jaringan (baca: internet lemot) menjadi penyebab utama rata-rata mood turun, selain karena tugas kuliah dan kerjaan lain

Beberapa blogger saya melihatnya kreatif, tidak melulu ikut arus berita, tapi mereka bisa menampilkan kemampuan tulisan mereka yang sebenarnya dengan kualitas tulisan yang bagus. Mereka bisa menyajikan konten dengan ciri khas mereka sendiri, membuat pembaca bisa ikut dalam sudut pandangnya. Sisi edukatifnya dapet.

Itu beberapa hal yang membuat saya kembali lagi. Khususnya untuk rasa geregetan. Karena kebanyakan blog yang saya baca akhir-akhir ini kualitasnya malah seperti koran lokal yang baru berdiri kemarin sore. Perlahan-lahan saya Insya Allah akan selalu hadir, gak tiap hari juga sih, yang penting passion blogging mengalir terus. Karena selama vakum saya merenung, dan saya menemukan jawaban, blog tidak bisa dipisahkan dalam hidup saya. Hehe .  . .

(bfa)

Advertisements

Posted on 15.05.2014, in My Stories and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: