Advertisements

Knalpot Gatling, Pelengkap Modifikasi Motor Gahar!


Bagi pecinta modifikasi motor khususnya aliran ekstrim, udah gak asing lagi sama yang namanya knalpot gatling. Mengingat knalpot gatling mengeksplorasi maksimal aura kekar dan macho, biasanya model knalpot seperti ini dicangkokkan ke motor aliran streetfighter. Sebelum membahas lebih jauhi, sebenarnya apa sih yang dimaksud gatling itu ? udah tau belum ? kalau belum tanya sama yang tau.

Gatling merupakan salah satu jenis senapan yang juga menjadi pelopor senapan mesin pertama di dunia. Dengan mengusung beberapa barel berputar dan disebut dapat menembak 200 peluru per menit.  Seiring perkembangannya, senapan gatling mengalami banyak ubahan yang semakin canggih. Penemunya yakni Richard J. Gatling pada 1861 dan dipatenkan pada 1862. Herannya beliau ini bukan dari kalangan ilmuwan , melainkan seorang dokter gigi yang awalnya menciptakan senjata ini untuk mengurangi jumlah tentara di medan perang. (referensi : kaskus dan wikipedia )

Kembali lagi . ., dari yang saya amati sehari-hari, sedikit rider yang mengaplikasikan knalpot jenis ini di tundangannya. Pernah saya melihat motor yang dimodif streetfighter dengan si rider memakai helm model predator lengkap dengan rambut pasangan di belakang helm, motor tersebut kalau gak salah lihat juga pakai knalpot model ini, pantes memang, kesan garangnya dapet. Asal jangan kehabisan bensin aja di tengah jalan.

Suara yang dihasilkan knalpot model gatling gun ini pun bervariasi, tergantung dari keinginan ridernya, karena biasanya modilover menyiasati mahalnya knalpot model ini dipasaran (aftermarket) dengan memesannya langsung di bengkel – bengkel lokal, cmiiw. Ada yang suaranya ngebass,  cempreng, dll. Kerennya knalpot model ini saat motor dinyalakan, ujung knalpot akan muter-muter seperti senapan gatling, tapi gak pakai nembak peluru. seperti video  di bawah ini.

Pengapliaksian di motor bebek juga bisa, cek video dibawah

:mrgreen:

Knalpot gatling gun bisa diterapkan di motor sport dan bebek, dibuktikan dengan video diatas. Sayangnya saat ini kurang menjadi tren, mungkin karena kurang begitu dikenal, imho. Mungkin model knalpot gatling suatu saat nanti dilirik produsen knalpot variasi, dan menciptakan tren baru di pasaran. Ada yang mau rencana pasang model gatling gak ? hehe. . . 

(bfa)

Advertisements

Posted on 02.06.2014, in Otomotif and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. kalau ada yang nempel disitu bisa nyangkut tuh

  2. wohhh, pernah lihat nih knalpot brem, hahaa…
    kalo gak salah dulu di pasang di si macan . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: