Advertisements

Taman Trunojoyo . . . Untuk Lingkungan Kota Malang Yang Lebih Baik

DSC09140Ada pemandangan baru di sekitar jl. Trunojoyo sekitar depan Stasiun Kota Baru, Kota Malang. Benak saya waktu melintas seperti ada yang beda disana, jalanan terlihat lebih longgar. Baru saya tahu setelah baca web halomalang kalau ternyata per 1 Juni 2014 lalu bertepatan dengan hari lingkungan telah diresmikan Taman Trunojoyo yang letaknya di area taman yang dulu kurang terlihat dari jalan raya karena terhalangi stand PKL. Sekarang kondisi disana jauh lebih baik ketimbang dulu, lebih rapi dan bersih.

Terbagi dalam dua lokasi, Taman yang dibuat dari dana yang dikeluarkan PT. Bentoel Prima Tbk. melalui program CSR sebesar Rp. 2,5 miliar ini mengusung konsep taman interaktif dengan penyediaan berbagai fasilitas publik. 3 hari setelah diresmikan saya berkesempatan mengunjungi taman itu. Yaa meski gak sampai masuk, cuma lihat dari luar sih. Meski waktu itu bukan hari libur tapi banyak masyarakat yang menikmati runag terbuka disana. Mayoritas yang datang yakni orang tua dengan anaknya, serta anak-anak remaja yang kebanyakan baru pulangsekolah. apa saja keunggulan taman itu dibanding taman kota lainnya ?

DSC09143Pertama yang saya suka yakni kebersihan lingkungan yang terjaga di dalam taman. Kebersihan disini juga berlaku di lingkungan luar taman, utamanya area trotoar yang kini jauh lebih nyaman dilewati ketimbang dulu waktu masih ada stand PKL. Selain itu arena bermain anak-anak yang dilengkapi tanah bertutup pasir pantai menambah kesan ‘fun’. Keceriaan anak-anak ketika bermain sangat terlihat dan ini seperti mempengaruhi suasana hati orang-orang sekitar yang melihat mereka bermain. Sedikit banyak mood menjadi lebih positif ditengah rutinitas harian, imho.Tidak hanya itu, menurut yang saya baca dari sumber yang sama Taman Trunojoyo dilengkapi taman baca, ruang menyusui, dan yang tidak kalah penting sebagai tempat wisata keluarga, Taman Trunojoyo menjadi kawasan bebas asap rokok. Jadi pengunjung dilarang keras merokok di area taman. Katanya sih akan ada petugas penjaganya.

Membahas tentang PKL , mereka sudah disediakan tempat berjualan yakni di dekat Taman A. Kalau dari depan stasiun berarti taman yang sebelah kiri, sedangkan yang dilengkapi taman bermain yang dibahas barusan itu Taman B. Menurut Drs. Wasto MH, selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, Taman Trunojoyo ini dikonsep sebagai taman hidup selama 24 jam. Kata Pak Wasto para PKL juga akan berjualan 24 jam ditempat yang telah disediakan oleh Dinas Pasar. Hal ini juga sebagai langkah pengenalan Taman Trunojoyo sebagai tempat wisata kuliner.

Suasana Taman A

Suasana Taman A

Suasana siang itu di Taman B dimana banyak anak bermain dengan ceria serta banyak masyarakat yang terdiri dari orang tua dan remaja tampak menikmati suasana rindang pepohonan disana, membuat saya penasaran bagaimana suasana di Taman A. Disana meski layout-nya tidak jauh berbeda dari Taman B, tapi sedikit lebih sepi. Entahlah mungkin kalau dari jalanan lebih terlihat keren Taman B. Selain itu juga dikarenakan Taman A memang tidak disediakan arena bermain. Mungkin memang dikhususkan untuk ruang bersantai saja. Kedua taman tetap keren!.

Adalah langkah tepat menurut saya pihak pemerintah kota (pemkot) membuat taman kota seperti ini. Meski itu dari dana hibah. Ditempat lain saya juga melihat pembangunan taman kota didaerah depan hutan Malabar mulai rampung dan sepertinya sekarang juga sudah diresmikan. Makin banyak ruang terbuka hijau makin bagus. Makin banyak tempat bermain untuk anak-anak secara gratis juga saya sangat mengapresiasi. Pasalnya anak-anak tetap butuh apa yang disebut interaksi sosial yang berkoordinasi dengan pemikiran dan sistem motorik mereka *halah :mrgreen: .

DSC09145Taman Kota sebagai dukungan penataan ruang kota yang lebih asri, indah nan sehat dengan banyak pepohonan membuat siapapun yang cuma melihat saja akan merasa nyaman, apalagi ikut menikmati suasana didalamnya. Semoga nanti jumlah ruang terbuka hijau tidak kalah dengan banyaknya beton yang berdiri memukau 🙂 .

(bfa)

Advertisements

Posted on 09.06.2014, in My Stories and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Disebelah Monopoli Cafe atau Hutan Malabar
    Katanya juga ada taman lho…bener kah?
    —-
    http://nyobamoto.com/2014/07/07/kawasaki-concern-250cc-4-tak-ninja-150cc-2-tak-siap-dikubur/

    • Iya mas. . tapi kalau yang itu bukan dari Bentoel

      • Oalahhh…
        ╔═╦╦╦╦╦╦╗
        ║╚╣║║║║║║
        ╠╗║║╔╬╬╬╣
        ╚═╩╩╝╚╩╩╝ Щέş

        Buko2…

  2. Saya juga senang dengan adanya taman2 kota di Malang, bisa menjadi alternatif liburan keluarga yang gratis di dalam kota 😀
    Btw salam kenal sesama kera ngalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: