Advertisements

Empat Poin Perawatan Jangka Panjang Satria FU

ScreenShot007

Perawatan motor yang baik sebenarnya simpel gak perlu ruwet mesti ini itu seperti yang sering saya baca di grup facebook. Ada aja yang ditanyain soal perawatan jangka panjang. Kalau jawabnya tepat sih membantu, kalau ngawur ya bukannya malah bikin tambah repot. Bukannya merendahkan individu atau golongan, biasanya yang jawabnya paling ektrim dan sok ngajarin itu anak-anak yang menurut saya masuk kategori alay. “ Biar awet coba itu dilepas, diganti sama ini, trus gini, bla..bla..bla”. Satria FU contohnya,motor anak muda masa kini yang gak luput dari kekhilafan si empunya. Untuk perawatan sebenarnya cuma empat poin yang perlu diperhatikan sebagaimana dilansir carmudi untuk keawetan performa si motor hyperbone ini.

1. Cek Kondisi Motor

Tips pertama yakni pengecekan kondisi motor. Mulai bagian yang terlihat seperti kondisi ban, kekencangan rantai, kondisi velg,  sampai jeroan mesin. Ini dimaksudkan agar terhindar dari keausan pada  komponen yang nantinya mempengaruhi motor saat dikendarai.

DSC06459

Ilustrasi servis di bengkel Suzuki

2. Service Rutin

Servis bisa dilakukan secara berkala dalam beberapa bulan sekali. Paling aman servis dilakukan di bengkel resmi Suzuki, atau jika terkendala jarak serta budget, bisa dilakukan di bengkel motor biasa dengan tetap selektif memilih bengkel terpercaya.

3. Gunakan BBM Non Subsidi

Sebagaimana motor keluaran terbaru dewasa ini, dimana mampu mengkonsumsi mulai dari oktan rendah sampai tinggi, penggunaan BBM oktan tinggi sangat bermanfaat untuk keawetan dan performa mesin

4. Sesuaikan Modifikasi dengan Kebutuhan

Poin penting selanjutnya yakni bagaimana pemilik Satria FU bisa mengatur modifikasi pada motornya secara bijak. Dalam artian tingkat modifikasi motor dapat disesuaikan dengan akselerasi maupun kenyamana berkendara nantinya. Tidak perlu saya sebutkan bagaimana FU dirubah karburatornya dengan ukuran yang lebih besar, knalpot diganti model brong, pelek dan ban kecil serta ubahan lain yang dilakukan demi gengsi dan status keren.

Empat poin diatas secara ringkas membantu sebenarnya tidak hanya Satria FU, tapi juga motor-motor lain untuk tampil prima luar dalam. Semoga berguna.

(bfa) satria FU, black edition

Ada poin tambahan, kalau motor kotor ya jangan malas dicuci :mrgreen:

Advertisements

Posted on 18.07.2014, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: