Advertisements

‘Janji Atas Kekalahan Capres’ Hanya Sekedar Janji ?

DSC09512

Sehari usai KPU mengumumkan capres dan cawapres terpilih 2014-2019, topik Jokowi dan Prabowo kembali jadi trend di media sosial. Mengemuka kabar manipulasi suara yang dilakukan secara masif, ucapan selamat dari pimpinan negara lain, naik banding ke MK, ketidakterimaan dipimpin pemimpin yang (katanya) antek asing, rasa lapang dada yang seolah sirna, indonesia salah presiden, sekutu zionis, bla.. bla. bla. . dan seterusnya. Fokus sekarang bukan soal  itu, tapi pada fenomena merebaknya janji yang dilakukan masyarakat apabila jagoannya terpilih atau gagal jadi presiden. Semua janji itu palsu ?

Sehari usai pengumuman pemenang pilpres 2014, ada salah satu kompasioner menulis ‘Menagih Janji Atas Kekalahan Capres’. Artikel ini membuat saya tersenyum dalam keheningan malam, seakan merangkum berbagai janji yang bertebaran. Namun pada hari Kamis (24/7) semalam link asli di kompasiana sudah dihapus oleh admin. Wah ada apa ini . . untungnya di kaskus sudah ada yang re-share. Berikut isi artikel tersebut.

Teman-teman, dalam 2 hari ke depan bakalan jadi hari yang sibuk buat saya:

Hari pertama:
1. Jam 8 pagi harus ke RSCM untuk menghadiri acara pemotongan burungnya Ahmad Dhani.
2. Siangnya langsung ke Monas, liat Mitta & Sherlyn lari bugil.
3. Sore mampir ke toko, beli tali gantungan buat Tri Wulandari.
4. Malem bantuin Meurah Luwa Heru masturbasi di tempat umum.
5. Tengah malem buka grup PRESIDEN RI ke-7 untuk melihat Shinta Reni di GANG BANG rame rame

Hari kedua:
1. Pagi2 udah harus ke bandara nganterin anak Rhoma Irama yang mau pindah negara.
2. Siang nganter Egar Raha mengurus prosesi murtadnya
3. Sore terbang ke Yogya, melepas Amien Rais jalan kaki Yogya-Jakarta PP.
4. Malam langsung ke Surabaya buat nembak Ki Sabdo Jagad Royo.

……. ada yang ketinggalan nggak?

Sumber dari kaskus dari sini, sementar link asli yang dari kompasiana sudah dihapus dengan alasan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, ini skrinsotnya . . .

ScreenShot030

Mencoba menebak kenapa artikel tersebut dihapus. Disana mengandung unsur menjatuhkan atau membully orang lain secara terang-terangan. Memang di artikel itu tidak mensensor nama akun yang terindikasi melakukan ‘janji kekalahan capres’ itu. Namun tulisan di kaskus sampai saat ini masih aman dari razia satpol pp (baca: admin), buka aja link di atas. Belakangan diketahui artikel itu menjatuhkan salah satu pihak yang mungkin difitnah. Dengan kata lain ia dituduh mempost yang itu sebenarnya bukan dia yang melakukan. Tuh ahmad dhani, sampai minta bantuan dewan pers untuk klarifikasi kalau bukan dia yang nge-tweet akan potong kemaluan kalau prabowo kalah, link berita lihat disini .

Mumpung link dari kaskus belum dihapus, kalau mau lihat bukti skrinsot janji-janji heboh seperti akan bugil kalau capres yang didukung kalah, meninggalkan keislamannya (murtad), jalan kaki jogja-jakarta , sampai ada yang mau pindah negara . ..  Monggo langsung lihat di kaskus . Karena saya  kurang sreg kalau dimasukin sini. Disana lengkap dengan para kaskuser yang menanggapi janji-janji tersebut dengan sangat antusias 😆 .

Ketimbang cuma janji palsu, baca aksi Dorce Gamalama yang mau jalan kaki dari daerah Lubang Buaya ke Cawang seperti dilansir beritasatu berikut ini.

Jokowi Menang, Dorce Gamalama Penuhi Nazar Jalan Kaki dari Lubang Buaya ke Cawang

Jakarta – Artis senior Dorce Gamalama akhirnya memenuhi janjinya akan berjalan dari Lubang Buaya ke Cawang bila hasil pemilu Capres memenangkan pasangan Jokowi dan JK. Artis serba bisa itu akhirnya berjalan kaki sejauh ± 10 Km sehabis melakukan salat Isya dan tarawih tadi malam. “Pas KPU mengumungkan Jokowi-Jk menang, habis salat isya dan tarawih gue jalan dari Rawa Binong (Lubang Buaya) ke Cawang. Sebelumnya gue tanya anak gue, coba tanya sama mbah Google, dari Lubang Buaya ke Cawang berapa kilo,” ungkap wanita asal Sumatera Barat itu saat ditemui di Mayestik, Jakarta Barat, Rabu (23/7).

Diungkapkan pula oleh Dorce saat ini kondisi kakinya bengkak akibat jalan sejauh itu. Namun dirinya mengaku lega setelah memenuhi janjinya itu. “Pas tahu berapa kilo, gue langsung jalan kaki dari Lubang Buaya sampai Cawang dan nggakberhenti. Kaki gue pada bengkak nih, yang sebelah kiri yang paling bengkak. Tapi gue bersyukur akhirnya bisa tepatin janji jalan kaki kalau presiden baru terpilih,” lanjutnya.

Diterangkan pula oleh wanita yang dipanggil “bunda” itu, selama perjalanannya menuju Cawang dirinya juga ditemani anaknya dan juga beberapa orang yang simpati dengan aksi yang dilakukannya itu. “Pas gue jalan sampai Museum Pancasila, akhirnya gue nggak tega sama anak gue, gue panggilin taksi. Gue jalan terus sampai RS Islam. Orang mulai curiga. Mulai tahu itu Dorce. Akhirnya mereka mau nemenin gue jalan pas gue bilang ini nazar Jokowi-JK menang,” tuturnya.

Dorce sendiri menganggap kemenangan Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden terpilih adalah sebuah kado dihari ulang tahunnya yang jatuh tepat sehari sebelum pengumuman KPU. Dalam kesempatan ini pula Dorce menjelaskan bahwa aksinya ini bukan sebagai aksi pencitraan dirinya sebagai seorang publik figur. “Akhirnya Alhamdulillah nazar gue terkabul. Guenggak mencari apa-apa, cuma ridho saja. Dan ini adalah kado ulang tahun gue. Karena tanggal 21 Juli kan ulang tahun ya, tanggal 22 nya Jokowi menang, jadi aku rayakan dengan berjalan kaki,” tutupnya.

Media sosial itu dinamis, siapa saja darimana asalnya bisa jadi perhatian publik sekalipun ia bukan publik figur. Terlepas dari pertanyaan apakah semua ‘janji’ itu benar-benar ditulis oleh si pemlik akun atau di hack, melalui fenomena tebar ‘janji’ seperti ini kita bisa intropeksi diri menjaga lisan dari perkataan tidak terpuji, apalagi perkataan tersebut disalurkan lewat media sosial yang notabene siapa saja bisa mengakses. Mari jaga sikap dan perbuatan di sisa Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi menuju hari kemenangan. Bukan masalah nomer satu atau dua, tapi kita harus sadar kita semua nomer tiga, persatuan Indonesia. Think before you post!

(bfa)

Advertisements

Posted on 25.07.2014, in My Stories and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. sudah biasa… mengumbar janji…

  2. Marc Marquez masih pemegang rekor 62º…
    Video bisa dilihat di youtube saat race di Ricardo de Tormo Argentina
    Kalau yang ini 68º 😀
    —–
    http://nyobamoto.com/2014/08/22/gila-benerrr-rekor-miring-68o-dari-marc-marquez-brosss/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: