Advertisements

Bagaimana Hasil Pengerjaan Bengkel Press dalam Menangani ‘pasien’ ?

source : prides-online.com

Motor Sering jatuh membuat saya mikir bengkel press itu memang sangat dibutuhkan. Karena sebelunya saya berpikir sewot saja kenapa bengkel press makin menjamur. Gak taunya memang sebanding dengan kondisi sekarang ini, dimana hampir tiap hari selalu ada masyarakat yang mengeluh motornya kurang pas handlingnya karena sempat terjatuh, atau kesenggol kendaraan lain. Saking banyaknya yang menawarkan jasa press, banyak bengkel yang bersaing dari sisi harga maupun kualitas serta pelayanan. Dari sisi konsumen kita musti jeli dalam memilih. Memang berapa sih budget yang musti disiapin buat ke bengkel press ?

Pertama-tama kita mesti melihat seberapa parah motor yang akan di press. Apakah masuk rusak ringan atau berat, dan seberapa banyak bagian motor yang harus di press. Banderol harga biasanya kisaran 20ribu sampai ratusan ribu sesuai kerusakan dan kesulitan. Dalam penanganan kerusakan bengkel press biasa menggunakan cara manual, yakni cukup diketok  pakai alat sederhana, dan ada yang cara otomatis yakni dengan mesin khusus. Keduanya disesuaikan tingkat kerusakan. Bagaimana hasil pengerjaan dari cara manual dan otomatis tersebut?. Berikut pengetesan dan pengujian bengkel press oleh tim dari Motorexpertz.

Pembuktian hasil bengkel press dibuktikan dengan simulasi. Caranya dikumpulkan 3 orang yang mengalami masalah pada motornya, masing-masing Mr. A, bermasalah pada pelek racing di motor Suzuki Satria F150,  Mr. B bermasalah pada bagian setang di motor bebek Honda Revo dan Mr. C bermasalah pada bagian sasis di skutik Yamaha Mio Sporty.

Ketiganya diminta untuk menyambangi bengkel press yang dipilih secara acak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.  Dari sana akhirnya baru ketahuan untuk menyelesaikan masalah memang beda-beda. Intinya, kalau problemnya ringan dan enggak terlalu parah, proses pekerjaan bisa selesai dalam hitungan jam. Tapi kalau parah, kemungkinan bisa 2 sampai 4 hari. Tergantung hasil akhir dan permintaan konsumen.

Review uji bengkel tersebut menghasilkan laporan bahwa bengkel press bisa jadi solusi efektif serta dapat  diandalkan. Dengan catatan problem motor masih pada tahap wajar. Dalam artian bukan motor yang datang-datang dalam kondisi rusak parah, lebih mendekati hancur lebur.

Presentase hasil akhir pengerjaan kisaran 70-90 persen. Permasalahan kategori parah seperti sasis patah, dapat diatasi dengan penyambungan ulang lewat las. Bagaimanapun juga hasil pengerjaan bengkel sasis tidak sampai 100 persen persis seperti baru. Masalah harga seperti yang saya sebutkan sebelumya tergantung dengan tingkat kesulitan, dan sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.

Solusi efektif dari saya kalau gak pengen ke bengkel press : usahakan motornya jangan jatuh. :mrgreen:

(bfa)

Advertisements

Posted on 10.10.2014, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: