Advertisements

Ketika Komikus, Produser Berita, dan Fotografer Berbagi Inspirasi

IMG_20141011_091930

Potensi industri kreatif di Indonesia semakin berkembang menjadikan wadah bagi potensi muda untuk makin mengasah kreativitas menciptakan produk inovatif dan kreatif. Pendorong munculnya inspirasi dalam kreativitas salah satunya yakni lewat Workshop. Seperti yang diselenggarakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Techno FTP UB, Malang pada hari sabtu (11/10) kemarin. Bertajuk “Enjoy Learning Design and Multimedia”, workshop multimedia ini menghadirkan 3 pembicara. Faza Meonk (kreator tokoh animasi ‘Si Juki’), Imam Suwandi (News Producer Metro TV), dan Doddy Bening (CEO of Bening Phorography). Bertempat di Aula Gedung F FTP UB, acara ini dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di Malang.

Acara dimulai jam 9 pagi dengan terlebih dulu sambutan dari bapak dekan FTP yang saya lupa namanya, hehe. Pembicara pertama dimulai dari Faza Meonk. Alumnus Binus Jakarta ini menjelaskan tentang seluk beluk animasi mulai dari yang masih klasik jaman mickey mouse pertama muncul dulu, sampai era sekarang ini dimana animasi sudah menjadi bagian dari industri box office. Tak lupa menjelaskan juga bagaimana strategi marketing via digital media. Saya jadi makin paham bagaimana ‘Si Juki’ bisa sesukses sekarang ini. Karna udah lama ngefans sama karya-karyanya, nanti saya buatkan tulisannya sendiri spesial Mas Faza. Ngoahaha , pengen aja.

IMG_20141011_103430

Pemateri selanjutnya yang tidak kalah inspiratif yakni Cak Imam Suwandi yang menjabat sebagai news producer Metro TV. Beliau menjelaskan bagaimana citizen journalist menjadi bagian dalam kemajuan pemberitaan nasional. Sampai saat ini kehadirannya menjadikan informasi menjadi lebih variatif karna lewat berbagai sudut pandang warga. Terlepas dari hal ini, jurnalis / wartawan resmi juga dituntut untuk menyajikan berita secara profesional karena peranannya yang menanggung tanggng jawab besar dalam pemberitaan. Cak Imam yang asli surabaya ini juga mengadakan sesi casting dimana beberapa peserta maju kedepan untuk unjuk kebolehan seperti pembaca berita. Hmm.. dapat banyak ilmu. Apalagi dapat quote dari beliau yang ngena’ banget. “ Bedanya orang-orang daerah itu pemalu, beda sama yang Jakarta mereka udah pede kalau disuruh casting.” Inti yang saya tangkap kesuksesan seseorang dapat terhalang hanya oleh rasa malu. Memang yang namanya rasa malu dan gengsi itu dua hal tak terpisahkan kalau masalah saingan sama orang lain. 🙄

IMG_20141011_104046

Setelah ishoma yang dimulai jam 12an, peserta berkumpul kembali di aula sekitar pukul 13:15. Bersiap menerima ilmu yang akan di-share Mas Doddy, yang punya Bening Photography. Workshop ini memang tema multimedianya variatif. Satunya ngomongin animasi, satu tentang jurnalisme, dan ini tentang fotografi. Pertama tau Bening Photography itu kalau gak salah lewat kalender kalau gak facebook. Setau saya Kampus UB menggandeng partner agensi ini. Kualitas foto yang selama ini dihasilkan memang bening, masuk high quality , keren. Setelah dengar pemaparan dari Mas Doddy, kata bening ternyata diambil dari nama jalan. Jl. Bendunguan Bening yang letaknya sebelahnya jalan Sigura-gura, Malang. Oalah! . Dalam sesi materinya , mas Doddy menjelaskan seluk beluk fotografi sebagai sumber penghasilan. Dimana ia dulu memlih tidak melanjutkan kuliahnya dan fokus berkarir sebagai fotografer. Beliau juga memberi tips bisnis, “ puaskan satu klien, maka akan datang klien lain”. Hal itu ia terapkan selama menjalankan Bening Photography. Dan terbukti saat ini kliennya sudah menyentuh kalangan pejabat negara. luar biasah!.

Seisi ruangan dibuat takjub dengan demo pemotretan dengan menggunakan lighting. yang kita lihat biasa menjadi luar biasa bila mampu mengkreasikan sisi kreativitas tanpa melulu mengandalkan alat. Tak terasa sudah mendekati jam tiga sore. Workshop ini ditutup dengan penuh inspirasi di seluruh peserta yang hadir. Ya menurut saya begitu.

(bfa)

Advertisements

Posted on 14.10.2014, in My Stories, Techno|internet and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: