Advertisements

Alasan Rider Menurunkan Kaki Saat Masuk Tikungan (‘Rossi Leg Wave’)

Gelaran MotoGP 2014 ditutup dengan kemenangan Rossi yang berhasil meraih podium pertama disusul Lorenzo dan Smith. Memperhatikan aksi the doctor melibas sirkuit tak lepas dari gaya menurunkan kaki atau yang biasa disebut “Rossi Leg Wave”.  Aksi seperti di balapan motorcross ini juga banyak ditiru oleh rider lain yang menganggap menurunkan kaki sebagai langkah penstabilan motor. Apakah benar seperti itu ? motor akan stabil?

Ada beberapa versi jawaban yang saya temukan. Menurut MotoDNA, rider menurunkan kaki yakni sebagai cara penstabilkan motor dengan sedikit mengubah centre of gravity. Berat kaki manusia 20% dari total berat badan. Maka dengan menurunkan kaki motor akan lebih stabil ketika masuk tikungan dengan kecepatan motor > 200 kph. Selain juga karena kaki merupakan anggota tubuh yang masih bisa bebas bergerak ketika pengereman motor dimana badan dituntut dalam posisi tegak lurus dengan motor.

Pendapat lain juga mengemuka mengenai hal tersebut. Sebagian berpendapat bahwa berdasarkan data analisis yang dikumpulkan oleh insinyur yang terlibat di MotoGP , menurunkan kaki saat menikung berpengaruh sangat kecil terhadap centre of gravity motor.  Bisa dibilang teknik ini hanya sebagai sugesti diri melibas tikungan dengan mantap. Nah jadi mana yang benar ?

The leg wave is an evolution of this technique, moving that centre of mass further again, towards the inside of the corner and forward, keeping the bike even more upright and placing more weight on the front tire thus increasing grip yet again until the lean angle is so great the rider is forced to lift his foot onto the peg.

Dilihat dari kacamata awam (meski saya gak pake kacamata) kedua pendapat tersebut ada benarnya. Antara sugesti dan ilmiah. Semua kembali ke masing-masing. Btw teknik “Rossi Leg Wave” selain untuk keperluan balap, ternyata enak juga kalau untuk harian. Asal gak berlebihan juga gayanya.

(bfa)

reference : http://motodna.com.au/the-leg-wave/

Sebelum cornering pastikan dulu gak ada pasir 😆

Advertisements

Posted on 20.10.2014, in Race and tagged , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Mantep ulasannya bro

  2. ya ngefek sih ….. coba aja melibas tikungan di jalan raya… dengan dan tanpa turun kaki… keseimbangannya memang beda…. bisa jadi juga karena kakinaya di pake buat menghalangai biar gak di libas di tikungan….wkwkwkwkkww….

  3. tp kok lorenzo gk pernah turun kaki nya klo nikung.

  4. cara yg sama dilakukan oleh pembalap motocross ditikungan yang sangat miring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: